Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
Dosen Prodi TRKJ Universitas Bung Hatta Deklarasi ASPRIJA dan Terpilih sebagai Ketua I
Jum'at, 12 Agustus 2022 Informasi Kampus

Dosen Prodi TRKJ Universitas Bung Hatta Deklarasi ASPRIJA dan Terpilih sebagai Ketua I

Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) Universitas Bung Hatta, yang diwakili oleh salah satu dosen TRKJ Zulfadli, S. Kom., M. Sc., ikut mendirikan dan mendeklarasikan Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet, Jaringan, dan Komputer (ASPRIJA) di Gedung Teaching Industry and Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (9/8/22).

Deklarasi ini dilakukan oleh Prodi TRKJ Universitas Bung Hatta bersama dengan 6 Prodi sejenis dari berbagai Perguruan Tinggi di Tanah Air: Program Studi Sarjana Terapan
Teknologi Rekayasa Internet, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada; Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya; Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, Politeknik Amamapera Timika; Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, Politeknik Negeri Lampung; Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Komputer, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh; Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Padang.

Asosiasi ini mulanya digagas oleh Dr. Ronald Adrian, S.T., M.Eng. dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Keinginan untuk mendirikan Asosiasi ini karena APTIKOM yang selama ini menjadi Asosiasi dibidang ilmu Komputer dirasa terlalu luas, sementara Prodi Sarjana Terapan perlu spesifikasi bidang ilmu yang lebih khusus. Gap ini yang kemudian menjadi pendorong lahirnya ASPRIJA.

Prodi TRKJ-UBH diwakili oleh Zulfadli, S. Kom., M. Sc. dalam paparannya menyampaikan bahwa ASPRIJA ini merupakan langkah maju bagi prodi Sarjana Terapan dibidang ilmu internet, jaringan, dan Komputer untuk sama-sama membangun strategi guna mengembangkan prodi sesuai kebutuhan zaman, terutama pemetaan kurikulum dan kerjasama Tridharma.

Dalam kesempatan ini juga disepakati beberapa hal seperti Rapat Kerja yang akan diselenggarakan setiap tahun dengan lokasi yang berbeda, kemudian penetapan segera skala prioritas agenda ASPRIJA, dan daftar pengurus Nasional ASPRIJA. Untuk Ketua Dewan Pengawas diamanahkan kepada Bapak Mochamad Zen Samsono Hadi,
S.T., M.Sc., Ph.D. dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet,

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Ketua Umum Bapak Dr. Ronald Adrian, S.T., M.Eng. dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Sementara Bapak Zulfadli, S. Kom., M. Sc dari Prodi TRKJ Universitas Bung Hatta dipercaya sebagai Ketua 1. (*)