Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
Komitmen Melaksanakan Praktisi Mengajar Berkelanjutan, FTI Universitas Bung Hatta Jajaki MoU dengan PT PP
Selasa, 09 Juli 2024 Fakultas Teknologi Industri

Komitmen Melaksanakan Praktisi Mengajar Berkelanjutan, FTI Universitas Bung Hatta Jajaki MoU dengan PT PP

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas BungHatta Prof. Dr.Eng., Reni Desmiarti, ST., MT bersama dengan Kaprodi Teknik Kimia Dr. Firdaus, ST., MT., serta dosen Teknik Kimia Amelia Amir, S.Si., M.Si., PhD., dan Nofri Naldi, S.T., M.Si.) melakukan kunjungan ke PT PP yang bergerak dibidang Industri, Konstruksi, Engineering Procurement dan Construction (EPC), perdagangan, pengelolaan kawasan, layanan jasa peningkatan kemampuan di bidang konstruksi, jasa engineering dan perencanaan, pengembangan serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya, di Jalan TB Simatupang 57 Jakarta Selatan, Senin,8/7/2024.

Kunjungan rombongan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta tersebut merupakan kunjungan balasan sekaligus menjajaki penandatangan naskah MoU antara kedua belah pihak setelah dosen praktisi dari PT PP, Haryo Goenawan, memberikan materi kuliah Perancangan Pabrik Kimia di Prodi Teknik Kimia buan Oktober 2023.

Prof Reni juga menyebutkan, bahwa kunjungan tersebut juga merupakan merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), setelah sukses mengandeng beberapa praktisi mengajar dan magang industri.

“Untuk penguatan kerjasama terkait dengan project based learning yang sekaligus mungkin membuka peluang bagi dosen berkegiatan di luar kampus, perlu ditandatangani naskah MoU dengan PT.PP”, jelas Reni.

Ditambahkan Reni, dosen praktisi Haryo Goenawan juga memberikan kontribusinya untuk memberi masukan sebagai nara sumber dalam aktivitas pengadaan digitalisasi modul praktikum pada program Hibah Insentif Akreditasi Internasional Prodi Teknik Kimia, bulan Desember 2023

“Aktivitas magang industri menjadi bagian dari program PKKM Prodi Teknik Kimia yang didanai oleh KEMENDIKBUDRISTEK tahun 2024 yang dijadwalkan mulai 1 Agustus 2024 hingga 30 November 2024”, imbuh Reni

Di PT.PP rombongan FTI Universitas Bung Hatta disambut oleh Rizky Meidiansyah Manajer EPC, dalam pertemuan tersebut terbuka peluang untuk mengirim mahasiswa magang ke PT PP bukan hanya dari prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknologi Industri tetapi juga prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Pihak PT PP tertarik dengan keberadaan Prodi Quantity Surveying yang ada di Universitas Bung Hatta karena prodi ini hanya ada di Malaysia dan di Indonesia adanya di Universitas Bung Hatta dengan nama Teknik Ekonomi Konstruksi kerjasama dengan kampus UTM Malaysia. Demikian juga halnya dengan keberadaan prodi TRET yang menyediakan tenaga terdidik bidang Energi Baru Terbarukan (EBT).
Naskah MoU antara Universitas Bung Hatta dengan PT PP, direncakan akan ditandatangai antara Rektor Universitas Bung Hatta dengan Direktur PT PP, sementara Implementation Agreement antara kedua pihak telah berjalan baik.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan juga menyampaikan program studi yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yakni Program Studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan, dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan. Sedangkan prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknik Sipil Perencanaan yaitu, Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah Kota, Quantity Surveying, Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, tak terkecuali penyampaian sekilas profil Universitas Bung Hatta.(*Ind/Fir)