CRHUNCHYTHINK Kerupuk Kepala Ikan Tuna, Hadir Memberikan Cemilan Sehat Bergizi dan Kaya Nutrisi
                                Jum'at, 31 Oktober 2025
                                Tiga orang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yakni Meyrona Eldia Putri dari Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Ridha Aidil Adhiani Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Nurhatika dari Prodi Budidaya Perairan merancang rencana  bisnis produk “Crhunchythink” inovasi kerupuk berbahan dasar kepala ikan tuna berbasis ekonomi sirkular, mendukung kemitraan strategis dan memiliki dampak berlapis berkelanjutan.
Rencana bisnis Crunchythink berhasil lolos final Entrepreneurship Award IX 2025 kategori rencana bisnis akan dilaksanakan pada tanggal, 6 November 2025 di UPI-YPTK Padang.
Meyrona, Ketua Tim dalam video reelsnya di akun Instagram @universitasbunghatta menjelaskan, bahwa rencana bisnis yang mereka rancang dilatarbelakangi potensi ikan tuna Indonesia yang sangat besar, namun 30% dari total produksi, 85% hasil sampingannya belum termanfaatkan, sementara permintaan produk olahannya seperti kerupuk ikan meningkat.
Ia dan kelompoknya menghadirkan Crunchythink, cemilan sehat dan kaya nutrisi dari produk olahan hasil samping produk tuna dengan komposisi 60% bahan baku utama dan 40% bahan pendukung.
Dijelaskan. Crunchythink kerupuk kekinian yang kaya nutrisi dengan kandungan utama 22gr protein dan 1.200mg kalsium hadir dengan dua varian rasa yaitu original dan pedas.
Saat ini, ia dan tim Crunchythink telah menyelesaikan  fase perencanaan secara komprehensif  dan siap memasuki tahap eksekusi operasional dan otimis 3 bulan kedepan sudah mulai memproduksi dan siap untuk dipasarkan.
Dalam video yang sama Ridha Aidil Adhiani, anggota tim Crunchythink menyampaikan optimisnya bahwa produk yang mereka buat dapat diterima oleh pasar dan dapat mengikuti tren yang sedang berkembang, dengan target pasar kelompok  millennial, Ibu rumah tangga, warung-warung makanan dan pasar ekspor.
Ridha juga menjelaskan  kompetitor dari crunchythink seperti kerupuk ikan konvensional lokal hingga kerupuk ikan premium. Namun ia dan tim sangat yakin
dapat mengungguli mereka karena akan menyajikan  snack sehat dengan harga terjangkau dan dipadukan dengan trend yang sedang berkembang dengan tampilannya unik fresh dan kekinian, serta dengan kualitas premium, kaya nutrisi dan ramah lingkungan.
Sementara itu anggota tim Crunchythink, Nurhatika menyampaikan strategi pemasaran produk melalui berbagai platform online seperti WhatsApp, Instagram 
Shopee, tiktok shop dengan merancang kemasan kekinian, secara offline tim  berencana untuk mendirikan stand store di tempat strategis  dan mengikuti berbagai event bazar  maupun festival sebagai media promosi.
Diakhir videnya, produk Crunchything akan dikelola oleh tim yang memiliki passion dibidang kuliner dan bisnis serta memiliki semangat yang tinggi dan sangat yakin serta percaya  kehadiran crunchything adalah salah satu pemenuhan akan makanan yang bergizi dan kaya nutrisi.(*Ind)