Dosen Manajemen Universitas Bung Hatta Laksanakan PKM Internasional Dorong Inovasi Kuliner Sumbar Menembus Pasar Internasional di Kuala Lumpur
Senin, 24 November 2025
Dosen-dosen Program Studi Manajemen S1 dan S2 Universitas Bung Hatta kembali menunjukkan komitmennya dalam memperluas peran akademik dan kontribusi bagi pengembangan UMKM Sumatera Barat melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional atau Community Service di Universiti Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia pada 19 November 2025.
Kegiatan ini mengusung tema "Promoting West Sumatera Culinary Innovation Through Cross-Border Marketing of Rendang Coklat and Dendeng Rinuak in Kuala Lumpur", yang fokus pada penguatan inovasi kuliner daerah melalui strategi pemasaran lintas negara.
Kegiatan PkM Internasional ini juga melibatkan mitra dari dosen-dosen UniKL Business School yaitu Prof. Abdul Razak Abdul Hadi bersama tim serta menghadirkan mitra UMKM, yaitu Rumah Makan Uni KL, yang berperan dalam membuka ruang bagi produk kuliner Sumbar untuk dikenalkan kepada pasar Malaysia.
Tim PkM juga membawa dua produk kuliner inovatif asal Sumbar yaitu Rendang Coklat, dan Dendeng Rinuak yang memiliki cita rasa otentik dan berpotensi diterima oleh konsumen mancanegara. Selain itu, tim juga memperkenalkan berbagai produk Kelas Kewirausahaan mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta sebagai bentuk karya kreatif generasi muda.
Ketua Program Studi Sarjana (S1) Manajemen Universitas Bung Hatta, Lindawati, S.E., M.Si., menjelaskan kegiatan PkM ini bukan sekadar agenda rutin, tetapi sebuah langkah strategis dalam mendukung UMKM Sumbar untuk naik kelas.
"Inovasi kuliner Sumbar memiliki potensi besar untuk diterima oleh pasar internasional. Melalui PkM ini, kami memfasilitasi pelaku UMKM untuk memahami strategi branding, kemasan, hingga distribusi yang dibutuhkan dalam pemasaran global. Rendang coklat dan dendeng rinuak adalah contoh nyata inovasi yang bisa diperkuat melalui kolaborasi lintas negara seperti dengan UniKL, ujarnya.
Lebih lanjut, Ketua Program Studi Magister (S2) Sains Manajemen, Rika Desiyanti, S.E., M.M., Ph.D., menekankan bahwa PkM ini juga menjadi wadah pembelajaran langsung bagi mitra dengan adanya berbagai inovasi produk yang membuka peluang pemasaran secara global.
" Dengan pemndampingan ini mitra dapat belajar tentang tren konsumen, preferensi pasar, hingga bagaimana menyesuaikan strategi pemasaran agar produk dapat diterima oleh pasar. Ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi pengembangan produk ke depannya, jelasnya.
Selain sesi presentasi produk, kegiatan PkM juga diisi dengan diskusi mendalam mengenai peluang rantai pasok, strategi digital marketing untuk pasar internasional, dan potensi kerja sama lanjutan antara Universitas Bung Hatta dan UniKL dalam bidang riset maupun pengembangan kewirausahaan.
Kolaborasi dengan UniKL diharapkan menjadi pintu pembuka bagi pengembangan jaringan internasional yang lebih luas, baik dalam bidang akademik, kewirausahaan, maupun promosi produk unggulan daerah. (*uby)