Universitas Bung Hatta Gelar Bimtek Kurikulum Berstandar Outcome Based Education
Rabu, 17 Desember 2025
Universitas Bung Hattta kembali mengadakan Bimbingan Teknis Kurikulum Berstandar OBE bertatajuk "Penyusunan Kurikulum Outcome Based Education" dengan narasumber Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, S.T., M.T dari Univesitas Andalas yang dihadiri oleh seluruh Dekan dan Wakil Dekan serta Ketua Program Studi selingkungan Universitas Bung Hatta di Gedung Bung Hatta Convention Hall, Kampus 1 Ulak Karang, 17/12/2025.
Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Diana Kartika saat membuka acara menyampaikan, bahwa implementasi kurikulum berstandar OBE merupakan sebuah keharusan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi saat ini. OBE tidak hanya menjadi tuntutan kebijakan nasional, tetapi juga menjadi instrumen strategis dalam menjamin mutu pembelajaran, relevansi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja, serta peningkatan daya saing institusi.
Dijelaskan Rektor, Universitas Bung Hatta terus melakukan penguatan tata kelola kurikulum agar selaras dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, kebijakan kampus berdampak, serta kebutuhan pemangku kepentingan.
Ia berharap, melalui bimbingan teknis tersebut, para peserta memperoleh pemahaman yang utuh dan aplikatif, mulai dari perumusan capaian pembelajaran lulusan, pemetaan CPL Prodi, hingga penyusunan RPS dan sistem evaluasi pembelajaran yang terukur dan berdampak.dan dapat segera ditindaklanjuti melalui review dan penyempurnaan kurikulum di setiap program studi, serta diimplementasikan secara konsisten dalam proses pembelajaran dan penjaminan mutu internal serta dapat dimulai pada semester genap di seluruh program studi.
Rika Ampuh Hadiguna diakhir paparannya menarik kesimpulan antara lain, bawa kurikulum dirancang berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan yang relevan dengan profil lulusan dan standar nasional/internasional, penilaian berbasis evidensi memungkinkan evaluasi objektif terhadap ketercapaian kompetensi.
Disampaikan juga bahwa hasil pengukuran Capaian Pembelajaran Mata Kuliah menggambarkan Capaian Pembelajaran Lulusan dan hasil pengukuran CPL menggambarkan keandalan kurikulum, dan Penetapan target indikator kinerja CPL harus rasional sehingga tidak under atau over estimasi serta Continuous Quality Improvement (CQI) dilakukan pada CPL yang belum mencapai target.(*Ind)