23 Juni 2019
Bunghatta.ac.id. Jumat, (21/06/19), dalam rangka peningkatan kapasitas daya saing dosen Universitas Bung Hatta dalam kompetisi memperoleh dana riset dan pengabdian masyarakat, utamanya dari DRPM KEMENRISTEK DIKTI anggaran tahun 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta menyelenggarakan serangkaian kegiatan workshop penulisan dan bedah proposal penelitian.

Ketua LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Abdullah Munzir, M. Si., menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini dilaksanakan di tiap fakultas dan Program Pascasarjana (PPs) untuk memenuhi aspirasi dosen dan arahan dari Rektor. Narasumber ditentukan berdasar usulan fakultas sepanjang kriteria dari DRPM yang mengharuskan narasumber bersertifikat reviewer DIKTI terpenuhi.

Dalam sejumlah rangkaian kegiatan, LPPM telah menyelenggarakan kegiatan workshop yang bekerja sama dengan FKIP (10/05/19), FEB (23/05/19), Program Pascasarjana (29/05/19), dan FTI (17/06/19). LPPM berupaya agar semua fakultas telah menyelenggarakan workshop sebelum jadwal penerimaan proposal DRPM DIKTI dibuka yang diperkirakan awal Juli 2019.

Namun, menurut Dr. Munzir, perlu pengertian dan kerja sama dari pimpinan fakultas untuk mencari solusi pendanaan. Selain harus berkorban waktu, pikiran, dan peluang untuk turut berkompetisi mendapatkan uang, adakalanya pimpinan perlu berkorban secara finansial untuk kemajuan generasi penerus yang dipimpin. Demi estafet kepemimpinan yang lebih baik. Hal ini merupakan bagian esensial atas jargon bekerja cerdas dan ikhlas. Karena, sejauh ini, baru dana untuk workshop FKIP yang diperoleh. Workshop untuk unit lain mampu dilaksanakan LPPM berkat dukungan beberapa dosen tetap, khususnya peneliti senior mantan Ketua LPPM yang konsisten dan berkomitmen mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia Universitas Bung Hatta.

Sekretaris LPPM, Dr. Azrita, S. Pi, M. Si., menambahkan bahwa workshop yang telah dilaksanakan, menggunakan reviewer Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S., (dosen FPIK UBH), Dr. Harif Amali Rivai, S.E., M. Si.(Dekan Fakultas Ekonomi UNAND), dan Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, S.T., M.T. (Dosen Fakultas Teknik UNAND). Selanjutnya, workshop untuk fakultas lain, yaitu FH, FTSP, FIB, dan FPIK akan dilaksanakan setelah fakultas tersebut menyiapkan jadwal dan usulan narasumber. Lebih penting lagi, setelah dana penyelenggaraan tersedia, menurut Munzir, kegiatan tersebut tetap berdaya guna bagi dosen untuk kompetisi perolehan dana DRPM DIKTI tahun 2021 dan dari sumber lain yang mungkin untuk tahun 2020 (Rio**Humas)

Dilihat 1003 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media