13 Agustus 2019
Bunghatta.ac.id. Trio Fernanda Kurniawan, mahasiswa Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Bung Hatta (UBH) di bawah bimbingan Ir. Eddy Soesilo, M. Eng. dan Ir. Arnita, M.T. berhasil menciptakan Urinoir Pintar, alat sanitasi dengan pencuci tangan yang menggunakan teknologi tepat guna.

Keunggulan Urinoir Pintar ini, yakni berfungsi secara otomatis tanpa menggunakan tombol. Terdapat sebuah sensor yang mendeteksi tangan pengguna untuk mengaktifkan air pencuci. Cukup mendekatkan tangan pada sensor SRF04 2 pada bagian dalam urinoir, maka air pencuci akan keluar. Selama tangan dalam jarak kurang dari 20 cm, air pencuci akan tetap mengalir.

Pengujian produk ini telah berhasil dipertahankan oleh Trio keabsahannya di hadapan tim penguji, lalu dipromosikan di hadapan Dekan FTI UBH, Dr. Hidayat, M.T., Ketua Prodi Elektro, Ir. Yani Ridal, M.T., beserta para dosen Teknik Elektro.

Dengan bertambahnya inovasi produk tepat guna yang diciptakan oleh mahasiswa, Prodi Teknik Elektro semakin optimis dan dinamis mempertahankan kualitas pendidikan dengan berbasis revolusi industri 4.0, sesuai dengan kurikulum yang dirumuskan oleh Universitas Bung Hatta. (**Rio/Humas)

Dilihat 130 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media