23 Januari 2020
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Serah Terima Bantuan & Peresmian Reviltalisasi Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Material & Struktur Universitas Bung Hatta di Gedung L, Kampus I Ulak Karang Padang (23/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak internal dan eksternal. Dari internal UBH, hadir Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Ketua Badan Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Dekan FTSP Universitas Bung Hatta, para dekan, ketua program studi dan dosen selingkungan FTSP Universitas Bung Hatta, dan lembaga kemahasiswaan.

Dari pihak eksternal, turut hadir pula Gubernur Sumatra Barat, Sekretaris LLDIKTI X, Ketua STT Payakumbuh, dan tentunya dari pihak dari Semen Indonesia dan Semen Padang.

Dalam kesempatan itu, Pjs. Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Hendra Suherman, M.T., menjelaskan bahwa di tahun ini, Universitas Bung Hatta adalah perguruan tinggi yang akan memasuki usia ke-39 dan sedang memasuki tahap pengembangan 30 tahun kedua. Saat ini, Universitas Bung Hatta telah Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kepercayaan terhadap Universitas Bung Hatta tidak saja terlihat dari masyarakat, tetapi juga dari stakeholder. Tahun ini, Universitas Bung Hatta mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah untuk acara BUMN Goes to Campus. BUMN yang diwakili oleh Semen Indonesia memberikan bantuan sebesar 1M untuk peningkatan sarana dan prasarana di Prodi Teknik Sipil. Tentu, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada BUMN melalui PT Semen Padang.

"Universitas Bung Hatta memiliki 7 fakultas dan 1 program Pascasarjana serta memiliki 32 program studi yang bernilai jual tinggi dan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja, usaha, dan industri. Tahun 2019 ini, juga ada penambahan Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan pada Fakultas Teknologi Industri serta Program Studi Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharan Bangunan Sipil (TRPPBS) di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Pada tahun akademik 2019/2020, kami menerapkan kurikulum yang berbasiskan Era Revolusi Industri 4.0, yang mengacu kepada peningkatan literasi data, teknologi, dan humaniti.

Di samping itu, kurikulum ini kami rancang untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan mengutamakan kompetensi dalam Akhlak Mulia dengan menerapkan nilai-nilai kebunghattaan (santun, jujur, dan disiplin), Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi. Kurikulum dibuat dengan kesesuaian pada visi dan misi Universitas Bung Hatta, berorientasi pada masa depan menuju Universitas berkelas dunia. Dengan demikian, Universitas Bung Hatta akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan akreditasi 27 program studi lainnya untuk meningkatkan akreditasi dari B menjadi A pada tahun 2020 ini,"kata Hendra Suherman dalam sambutannya.

Tri Abdisatrijo, Dir. Engineering & Project, Semen Indonesia Persero Tbk., mengatakan dalam sambutannya bahwa bantuan ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial Semen Indonesia memberikan bantuan berupa CSR terhadap perguruan tinggi atau dunia pendidikan. Ini kami lakukan juga untuk memdukung program pemerintah dalam menghasilkan SDM unggul.

Gayung bersambut; Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, mengatakan bahwa saat ini anggaran belanja pemerintah daerah terbatas. PAD saat ini rata-rata 6% dan 94% berasal dari pusat. Dukungan CSR dari Semen Indonesia seperti ini sangat membantu pemerintah daerah karena dana anggaran terbatas jika hanya memanfaatkan APBD. Pemerintah sangat mendorong program CSR ini, apalagi jika ini dilanjutkan untuk periode berikutnya, terutama di Universitas Bung Hatta.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Sumatra Barat beserta pihak Semen Indonesia dan PT Semen Padang diajak mengunjungi lokasi Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Material & Struktur di FTSP Universitas Bung Hatta. Di sana, juga digelar pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya laboratorium tersebut. (*Rio/Humas)

Dilihat 746 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media