Prodi Teknik Kimia Secara Swadaya Ciptakan Hand Sanitazer untuk Pencegahan Covid-19
25 Maret 2020
Bunghatta.ac.id. Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta secara swadaya dan swadana ciptakan hand sanitizer, sejenis anti-septik yang digunakan untuk membunuh kuman di tangan.

Penggunaan hand sanitizer dapat mengurangi risiko seseorang terinfeksi COVID-19. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan Anda memilih hand sanitizer dengan kandungan yang tepat dengan kadar etanol 60%-95%, yang efektif mencegah terinfeksinya COVID-19.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Teknik Kimia FTI Universitas Bung Hatta telah menunjukkan bahwa alkohol dapat membunuh beragam bakteri dan virus ketika konsentrasinya melebihi 60 persen. Ia bekerja jauh lebih cepat ketika konsentrasinya meningkat.

Sementara itu, kadar etanol dalam larutan hand sanitizer produksi Program Studi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta sebesar 79,97%. Komposisi bahan lainnya dalam larutan hand sanitizer sudah mengikuti formula yang dikeluarkan oleh WHO.

Ketepatan ukuran bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer sudah terjamin karena diproduksi di laboratorium Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dengan menggunakan peralatan yang higienis dan dipantau langsung oleh tim dosen yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Selain menggunakan formula yang dikeluarkan WHO, Program Studi Teknik Kimia akan memproduksi hand sanitizer dengan menambahkan aloevera sebagai disinfektan dan melembuhkan kulit, serta menambahkan essensial oil sebagai aromanya. (**Rio/Humas)

Dilihat 1238 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media