Rektor Universitas Bung Hatta Resmikan Peluncuran Disinfection Chamber (DC) Karya Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri
30 Maret 2020
Bunghatta.ac.id. Di tengah wabah Covid-19 yang sudah menjadi persoalan mendunia, berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak untuk mencegah berkembangnya wabah virus tersebut. Demikian juga halnya dengan civitas akademika Universitas Bung Hatta.

Prof. Dr.Tafdil Husni, S.E., M.B.A., selaku Rektor Universitas Bung Hatta mengambil kebijakan, mulai dari imbauan agar menjaga kebersihan, menjaga jarak (sosial distancing), sampai pada pengalihan proses perkulian daring, dan bekerja di rumah. Tidak hanya itu, rektor mendorong agar seluruh dosen dan tenaga kependidikan terlibat aktif dalam mengatasi persoalan Covid-19.

Untuk mengimplementasikan imbauan rektor, yang tentu juga menjadi harapan bagi masyarakat, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Dr. Ir. Hidayat, M.T., IPM melakukan koordinasi dengan ketua-ketua program studi yang ada di FTI, yaitu Teknik Elektro (TE), Teknik Mesin (TM), Teknik Industri (TI), Teknik Kimia (TK) dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ).

Hasil koordinasi itu membuahkan hasil. Minggu (29/3/20), Rektor Universitas Bung Hatta meresmikan peluncuran Disinfection Chamber (DC) hasil karya mahasiswa dan dosen FTI Universitas Bung Hatta. DC merupakan ruangan yang berfungsi untuk mensterilkan bagian luar/pakaian manusia dari virus dan bakteri yang menempel pada permukaan.

Teknisnya, melalui pengembunan, cairan disinfektan kemudian disemprotkan ke dalam bilik (chamber). Bagi siapa yang akan memasuki suatu ruangan, terlebih dahulu harus masuk ke bilik tersebut sehingga bakteri yang menempel akan mati oleh uap disinfektan tersebut. Produk perdana ini disponsori oleh PT Kunango Jantan dan Perguruan Islam Ar-Risalah. Produk ini juga akan ditempatkan di Perguruan Islam Ar-Risalah.

Iman Satria, S.T., M.T., selaku ketua tim desain dan pembuatan DC memerlukan waktu lebih kurang 24 jam untuk menyelesaikannya bersama Dr. Burmawi S.T., M.T, Duskiardi, S.T., M.T., Dr. Silvi, S.T., M.T, Arzul, S.T., M.T., dan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Produk ini merupakan manifestasi atas tekad para dosen dan mahasiswa yang ingin berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

"Sebagai bentuk kepedulian dari dosen FTI terhadap pencegahan wabah virus Corona ini, kami secara sukarela mengumpulkan uang untuk membuat DC yang akan ditempatkan di FTI. Tidak hanya itu, Ketua Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR), Joi Kahar dengan spontan mendanai pembuatan 2 buah DC yang akan kami serahkan satu ke pemda dan satu lagi untuk Masjid Kampus 3 Universitas Bung Hatta,"Imbuh Iman Satria.

Di kesempatan lain, Ketua SMR yang akrab disapa Da Joi ini memotivasi supaya orang Minang di rantau turut membantu memberi dukungan baik moril dan dana untuk pemgembangan karya-karya mahasiswa di kampus. Untuk memotivasi kinerja para dosen dan mahasiswa ini, take line yang beliau rumuskan ialah "Orang Minang Hebat, Mahasiswa Universitas Bung Hatta Hebat".

Prof. Dr. Tafdil Husni sangat mengapresiasi kerja dosen dan mahasiswa FTI, yang sudah menghasilkan produk Disinfection Chamber (DC ) dan produk lain sebelumnya, yaitu cairan disinfectan dan hand sanitizer (HS) oleh Prodi Teknik Kimia. Produk ini sudah dimanfaakan oleh internal Universitas Bung Hatta, alumni, dan masyarakat umum.

"Di rumah sakit, dokter, perawat, dan seterusnya telah berjuang mengobati pasien yang terkena Covid-19. Kami di lembaga pendidikan, juga telah berupaya mengatasi penyebaran Covid-19 sesuai dengan bidang ilmu yang kami punya,"tutup Prof. Dr. Tafdil Husni. (**Rio/Humas)

Dilihat 1385 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media